Lima Manfaat Menulis dengan Tangan di Buku Agenda

Di era modern yang serba praktis seperti sekarang, banyak orang mulai malas menulis dengan tangan karena semakin canggihnya gawai dengan berbagai fitur. Tidak dipungkiri, fitur –fitur canggih tersebut memang membuat pekerjaan menulis menjadi lebih praktis dan disertai dengan penyimpanan yang aman. Meskipun begitu, rasanya menulis dengan tangan di buku catatan atau notebook memiliki peran dan manfaat yang tak sepenuhnya tergantikan oleh gawai. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat menulis dengan tangan untuk otak, seperti dilansir Mashable.

 

  1. 1. Menimbulkan efek menenangkan

Menulis kalimat seperti, “Aku akan lebih damai” setidaknya 20 kali per hari benar-benar memiliki dampak positif bagi otak, terutama untuk orang-orang dengan gangguan defisit perhatian. Bagi banyak orang, menuangkan hal-hal yang menjadi beban pikiran dengan menulis juga menjadi terapi ampuh yang menenangkan. Dengan demikian, buku catatan tentu menjadi kebutuhan bagi orang-orang dengan tipe seperti ini.

 

  1. 2. Mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan

Menulis secara tradisional dengan jenis huruf yang unik dapat membantu teman-teman dalam mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan. Cara ini dapat berkontribusi dalam membantu meningkatkan kemampuan otak teman-teman.

 

  1. 3. Meningkatkan keterampilan kognitif

Kelebihan lain menulis tangan bagi anak-anak yaitu, menulis dengan tangan bisa menjadi alat dalam meningkatkan keterampilan kognitif.

 

  1. 4. Meningkatkan kreativitas

Memainkan pena di atas kertas dapat mendorong tema-teman untuk menjadi lebih kreatif, karena itu akan menjadi proses yang lebih lambat dari sekedar mengetik sesuatu pada keyboard.

 

  1. 5. Meningkatkan memori

Anda lebih sering menggunakan laptop untuk mencatat tugas karena merasa itu lebih cepat. Namun, bagaimana jika menulis dengan tangan benar-benar dapat membantu teman-teman untuk mengingat semua catatan? Banyak psikolog percaya bahwa menulis dengan tangan akan bertahan lebih lama dalam memori. Dan ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak.

Inilah lima manfaat menulis dengan tangan untuk otak. Ada sejumlah studi yang menunjukkan bahwa selama masa perkembangan, anak-anak yang rajin menulis dengan tangan memiliki retensi memori yang lebih baik.

Leave comment